Tuesday, January 18, 2011

Tampil Cantik Namun Tetap Hemat

Untuk tampil cantik, kadang kita harus mengeluarkan banyak uang, bagaimana caranya agar kita bisa tampil cantik, tapi tetap hemat ?? Simak saja bacaan ini ^^
Menyimpan danmenggunakan produk kosmetik dengan benar

Produk kosmetikmemang mempunyai umur kedaluwarsa kosmetik. Tetapi,bila kamu tidak benar dalam menyimpannya, maka kosmetik bisa rusak yangditandai dengan berubah warna atau berbau, padahal seharusnya belumkedaluwarsa.
Karena itu, kosmetik harus disimpandan digunakan dengan benar. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam hal iniantara lain:
  • Tutup rapat kemasan setelah selesai menggunakannya dan letakkan pada tempat yang sejuk. Kemasan yang terbuka walaupun hanya sedikit dapat membuat udara masuk dan bakteri yang ada di dalamnya berkembang biak dan menyebabkan kerusakkan kosmetik.
  • Gunakan alat bantu seperti kuas atau spons saat menggunakan kosmetikmu.
  • Bersihkan wajah dan pastikan dalam keadaan kering saat akan merias wajah. Air atau keringat dapat memicu jamur bila menempel pada produk kosmetikmu.
  • Pastikan tangan dalam keadaan bersih dan kering bila harus menyentuh produk kosmetik.

Bersihkan perlengkapan make up

Perlengkapan make up yang biasa digunakan seperti kuas atau spons harusdibersihkan secara teratur agar tidak menjadi sarang bakteri yang dapatberpindah pada produk kosmetikmu atau menyebabkan masalah pada kulit.
Untuk membersihkan kuas, kamudapat menggunakan air hangat dan shampo bayi. Caranya adalah basahi kuas dantekan-tekan kuas dengan telapak tangan yang sebelumnya sudah diberi sedikitshampo bayi. Setelah itu bilas dengan air hangat dan keringkan denganmenggunakan tisu atau handuk dan biarkan kering secara alami. Cara lain adalahdengan merendam kuas pada segelas air hangat dan aduk air dalam gelas dengankuas tadi agar kotoran di kuas larut.
Untuk spons, bersihkan dengan caramerendamnya dalam air hangat selama 5-10 menit. Peras agar kering. Lakukanberulang-ulang sampai kotoran pada spons hilang. Kemudian keringkan sponsdengan cara diangin-anginkan.

Gunakan produk kosmetikmultifungsi

Produk kosmetik kadangkala belumhabis tetapi kamu merasa bosan dengan warnanya atau merasa sudah tidak trendlagi. Salah satu solusinya adalah dengan membeli produk kosmetik multifungsi. Misalnya lipstik sekaligus blush on,eyeliner dan maskara, eyeshadow dan shimmer. Selain hemat karena hanya perlumembeli satu produk, kosmetik juga akan lebih cepat habis karena seringdigunakan.

Pilih warna-warna dasar

Untuk kosmetik dekoratif sepertilipstik, eyeshadow, atau blush on,pilihlah warna-warna dasar seperti coklat, emas atau merah bata. Warna-warnatersebut cenderung selalu digunakan dan tidak terpengaruh oleh trend. Bila kamu  bosan dengan warna-warna tersebut, cobalahuntuk mencampurkan warna-warna yang ada sehingga didapat warna yang baru.

Mencoba produk sampel

Ingin mencoba warna-warna yang sedangtrend? Cobalah dulu dengan membeli sampel produk yang biasanya berukuran kecil.Biasanya warna yang sedang trend hanya berlangsung sebentar.
Kamu juga sebaiknya membeli produk sampelnya terlebih dahuluapabila ingin mencoba produk baru. Suatu produk belum tentu cocok di kulitmu.Dengan mencoba produk sampel, kamu tidak akan merasa rugi bila ternyata produk tidak cocokdengan kulitmu.

Tidak harus menggunakankosmetik mahal

Agar mendapatkan hasil riasan yangmaksimal, tidak berarti harus menggunakan produk kosmetik yang harganya mahal.Mahalnya harga suatu produk kosmetik biasanya karena produk tersebut merupakanproduk impor, jumlah biaya riset untuk menghasilkan produk, atau adanyabahan-bahan tambahan seperti pewangi atau pelembut. Maka, belum berarti produkyang murah tidak bagus. Misalnya, untuk produk impor uji klinisnya menggunakanresponden dari negara asalnya yang belum tentu memiliki jenis kulit yang samadengan pengguna dari Indonesia.
Kamu juga dapat mengecek kandungan pada produk kosmetik.Kadangkala dengan kandungan yang hampir sama tetapi harganya jauh berbeda. Jelidalam hal ini dapat menghemat pengeluaranmu.

Melakukan perawatansendiri di rumah

Creambath, luluran, atau maskeradalah perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Jadi tidak perlu selaludilakukan di salon. Dengan membeli produk-produk yang tersedia di pasaran dapatmenghemat pengeluaran muuntuk ke salon.
Bisa juga melakukan kegiatan ini diakhir pekan bersama dengan teman atau keluarga. kamu bisa bergantianmelakukannya, kamu memijat sambil melulur, setelah selesai berarti sekaranggiliranmu yang dilulur. Selain berhemat, hubunganmu akansemakin akrab dan bisa melakukan kegiatan yang seru bersama.
Salah satu hal penting bila ingin cantik hemat adalah tidak mudahtergiur dengan rayuan pelayan di counter kecantikan atau terpengaruh iklan.Cermat dan merawat kosmetikmubisa menjaga kantongmu agartidak mudah terkuras namun tetap tampil cantik.

Image and video hosting by TinyPic

No comments:

Post a Comment